Senin, 21 April 2008

Akal sehat untuk bersyukur

Apa sebenarnya arti dari akal sehat, yang jelas pasti beda sekali dengan otak yang sehat. Otak yang sehat sifatnya lebih ke hal yang sifatnya klinis seperti aliran darahnya lancar karena rutin konsumsi salmon dan rajin berolah raga sehingga terhindar dari penyakit stroke. Sedangkan akal sehat sifatnya lebih kearah perilaku dan cara berpikir kita. Sekarang ini ada kecenderungan bahwa kita cenderung lebih mementingkan otak yang sehat ketimbang akal yang sehat, dan bahkan banyak yang tidak mementingkan kedua-duanya. Banyak orang yang tidak suka makanan yang ‘sehat’, tidak konsumsi vitamin apalagi berolah raga, dan juga banyak yang ‘lupa’ menggunakan akal sehat yang dimilkinya sejak lahir. Sudah dapat pekerjaan yang bagus, ada bonus (THR), bahkan ada yang dapat bonus 3 bulan sekali dan kalau sakit masuk rumah sakit dibayarin sama asuransi, masih saja mereka complain bahwa kehidupannya kurang baik, kantornya nggak fair dalam memperlakukan mereka. Apakah mereka yang complain itu sudah menggunakan akal sehatnya?

Siapa aku untuk menghakimi mereka?

Aku hanya punya keyakinan bahwa “Gusti ora nate sare” yang kalau di-Indonesiakan “Tuhan tidak pernah tidur”. Dia selalu menjaga kita dan menyediakan jalan yang benar untuk kita. Dan tugasku adalah untuk selalu berusaha bersyukur akan hal itu, setiap saat, setiap hari, setiap waktu. Saat bangun tidur aku bersyukur bahwa aku masih diberi waktu untuk memperbaiki hidupku, saat sampai di tempat kerja aku bersyukur bahwa aku masih diberi kesempatan untuk berkarya, saat pulang aku bersyukur bahwa aku masih diberi waktu untuk melakukan hal lain yang bisa berguna untuk masa depanku, saat sampai dirumah aku bersyukur bahwa aku masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama keluargaku, dan besok paginya saat bangun aku juga bersyukur masih diberi kesempatan untuk bersepeda atau jogging di pagi hari agar tubuhku sehat dan masih sangat banyak lagi hal-hal besar ataupun kecil yang kita bisa syukuri. Aku nggak ngerti apakah aku akan masuk surga? Yang aku tahu bahwa dengan bersyukur aku pasti akan mendapatkan hidup yang lebih baik, karena saat kita bisa menikmati dan mensyukuri apa yang kita dapatkan sekarang, maka Tuhan akan memberikan hal lain untuk kita syukuri. So…let’s always use our ‘akal sehat’ agar kita selalu bisa mensyukuri kehidupan ini. Have a nice day!

Tidak ada komentar: