Rabu, 07 Mei 2008

Sepeda VS Kambing VS BBM yang mau naik!!!

Virus sepeda sudah mulai menjalar di keluarga kami, setelah terakhir beli sepeda yang berakhir dengan kesepakatan sepeda dipakai rame-rame alias gantian sesuai kenutuhan sosial dan jasmani masing-masing. Sampai akhirnya kita punya cukup uang untuk beli lagi sepeda MTB seperti Polygon Premier eh..malah mulai ada kabar BBM mau naik ‘mungkin’ 30-40% dalam waktu dekat. Akhirnya kami putuskan untuk menggunakan uang itu untuk hal yang lain dan tetap pada kondisi semua, pakai sepedanya gentian. Mungkin kita simpan uangnya buat jaga-jaga kalau pengeluaran bulanan nanti meledak sebagai efek dari kenaikan BBM seperti biasanya.

Dari hasil diskusi, ada dua pilihan dalam menggunakan uang itu, pertama ditabung, kedua dibelikan kambing!. Terus terang pilihan kedua ini lebih menarik bagi aku, karena memang sudah sejal setahun yang lalu aku ingin sekali punya kambing. Akhirnya kami berdua putuskan untuk menginvestasikan uang tersebut buat kandang kambing di halaman belakang rumah pak Petruk (tetangga didesa sebelah perumahan), intinya kami bekerja sama, kami uangnya, pak Petruk tempat dan memelihara kambing, dan nanti hasilnya dibagi dua sama rata. Kami semangat sekali dengan investasi baru kami ini, disamping murah, ada hasilnya nanti, kami juga bisa membantu orang lain mendapatkan pendapatan tambahan, dan kalau dibilang resikonya? Ya yang namanya usaha pasti lah ada resikonya.

Pagi tadi, rabu, 7 Mei 2008, jam 06.00 aku genjot sepedaku kerumah pak Petruk yang jaraknya Cuma kurang lebih 1 km, dekat sih, tapi jalan turn naiknya itu yang bikin ngos-ngosan, kalau digambarkan turun sekitar 200m kemudian naik 100m (kemiringan 25 derajat) kemudian belok dan naik lagi 100m (kemiringan 30 derajat) diteruskan dengan jalan naik sampai rumahnya. Aku harus duduk menstabilkan nafas sekitar 1 menit sebelum mengetuk pintu rumahnya yang masih ditutup. Lalu pak Petruk mengajak aku ke halaman belakang rumahnya dan….luar biasa ternyata tanpa menunggu ‘uang kandang’ dari aku dia sudah mulai membuat. Kandang sudah berdiri dengan 4 tiang utamanya yang dibeton, tinggal buat lantai, pagar panggung dan atapnya.

Kami sangat bahagia pagi ini, yang ingin kami sharingkan untuk para biker adalah, coba pikir sekali lagi sebelum meng’upgrade’ sepeda dengan peralatan high end yang mahal, kalau memungkinkan investasikan dulu uangnya, siapa tahu 6 sampai 12 bulan kedepan uang dari hasil investasi itu bisa buat upgrade sepeda dan kita masih punya kambing yang bisa beranak-pinak dan bisa punya pendapatan tambahan. Nggak harus kambing, banyak bisnis lain, terserah apa yang anda senangi. Tapi kalau anda duitnya sisa-sisa ya silakan saja upgrade itu sepeda he..he..he..

Semoga berguna.

Tidak ada komentar: